Cara Cepat Mengobati dan Mencegah Sariawan

Sariawan? Jangan – jangan Anda kekurangan vitamin C. Anggapan ini ternyata kliru. Sejumlah penelitian menyebutkan, tidak ditemukan bahwa defisiensi vitamin C dapat mencetuskan terjadinya sariawan. Bukan berarti mengkonsumsi vitamin C tidak ada gunanya. “ Vitamin C jelas dapat membantu menjaga sistem imun (kekebalan) tubuh,” ujar drg. R.Tjipto A. Subiakto, SpMP. Bila sistem imun kuat, sariawan tentunya tak akan menyerang.

Ada beberapa obat yang bisa meredakan keluhan akibat sariawan. Ada yang berbentuk salep dengan kandungan kortikoseteroid atau antibiotik, untuk dioleskan pada luka. Obat tetes dan obat kumur juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Obat penurun pansa juga dapat digunakan, bila sariawan disertai dengan demam. Memperbanyak asupan sayur dan buah – buahan serta menjaga suhu makanan tidak terlalu panas, bisa membantu memepercepat proses penyembuhan.

Dalam mengobati sariawan, penting untuk mengetahui penyebab sariawan. Jika penyebab sariawan adalah jamur, tentu obatnya adalah obat antijamur.

Obat Alami

Kesehatan mulut dan gigi orang tua jaman dulu, rata – rata bagus. Apalagi pada orang tua yang suka makan sirih. Sirih memang dikenal sebagai obat alami untuk sariawan. Sirih mengandung antioksidan dan pembunuh kuman yang mematikan. Untuk mengatasi sariawan, daun sirih bisa di kunyah langsung atau berkumur dengan rebusan daun sirih yang diberi sedikit garam. Cara ini juga bermanfaat untuk mengatasi bengkak pada mulut, menghentikan darah ketika gigi mengalami gangguan dan menghilangkan bau mulut.

Drg. Tjipto mengingatkan, ketika memakai daun sirih jangan sampai terjadi iritasi. Iritasi yang sering terjadi pada orang yang suka menginang, karena tembakau digunakan setelah makan daun sirih. Cara lain untuk melemaskan kulit kering yang terkena sariawan adalah dengan mengoleskan madu, ditempat yang terkena sariawan. Biasanya, madu yang digunakan adalah madu kapuk randu. (ES)

Menghindari sariawan

  • Menjaga kebersihan mulut. Sariawan yang disebabkan oleh penyakit sistemik dapat di minimalisir dengan menjaga kebersihan mulut.
  • Menghindari trauma dalam rongga mulut. Trauma ini bisa diakibatkan oleh cara menyikat gigi yang salah (terlalu keras), tergigit, atau makan & minuman (misalnya makanan yang terlalu panas).
  • Hindari stress. Beberapa study menunjukkan, stress dapat memicu sariawan.
  • Memperbanyak mengkonsumsi sayuran, buah – buahan atau makanan lain yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12.
  • Hindari makanan atau obat – obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada mulut.

TEH HITAM BLESSTEA SANGAT COCOK BAGI ANDA YANG SUKA MENDERITA SARIAWAN. MINUMLAH SEHARI 3 KALI DALAM KEADAAN HANGAT SEBELUMNYA DIPAKAI KUMUR DULU, INSYA ALLAH SARIAWAN ANDA CEPAT SEMBUH..BUKTIKAN….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: