RAJIN MINUM TEH HITAM, INILAH MANFAATNYA

REPUBLIKA.CO.ID, Teh hitam dapat membuat hidup lebih sehat. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 3.400 orang dewasa di Arab Saudi, di mana masyarakatnya dikenal suka minum teh, menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam lebih dari enam cangkir sehari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner lebih dari 50 persen. Menurut penelitian tersebut, antioksidan yang disebut flavonoids, yang terdapat pada teh hitam dan teh hijau, ternyata dapat menjadi senjata yang potensial untuk mencegah penyakit jantung.

”Teh, minuman yang dikonsumsi masyarakat di seluruh penjuru dunia, adalah bahan yang kaya akan unsur antioksidan ini,” ujar para peneliti dalam studi yang dipimpin oleh Dr Iman A Hakim dari Universitas Arizona, Tucson, Amerika Serikat.

Teh hitam merupakan minuman favorit bagi kebanyakan masyarakat di dunia belahan timur. Sementara baru sedikit studi yang mencoba meneliti khasiat teh hitam bagi kesehatan. Padahal di belahan dunia lainnya teh hitam banyak dikonsumsi. Para peneliti mewawancarai 3.430 warga Arab Saudi yang berusia 30 hingga 70 tahun. Mereka diminta untuk mengisi kuis tentang kebiasaan diet, riwayat merokok, minum kopi, olahraga, serta faktor-faktor lainnya

Hanya enam persen dari mereka yang terdiagnosis menderita penyakit jantung koroner. Minum teh sudah merupakan kebiasaan di Arab Saudi. Sekitar 90 persen dari responden yang terlibat dalam penelitian ini mengonsumsi teh setiap harinya. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum teh lebih dari enam cangkir sehari (yang jumlahnya mencapai 20 persen dari responden) memiliki risiko terkena penyakit jantung 50 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Temuan ini tetap berlaku meskipun para peneliti telah memyesuaikannya dengan faktor-faktor risiko lain seperti merokok, obesitas, tingkat kolesterol, serta gaya hidup yang kurang banyak bergerak. Secara umum, orang yang menderita penyakit jantung cenderung sedikit mengonsumsi teh dibandingkan mereka yang lebih sehat, yakni 3,5 cangkir berbanding 4,5 cangkir per hari.

Bagaimana kebiasaan minum teh bisa meningkatkan kesehatan jantung? Para peneliti menerangkan bahwa flavanoids yang terdapat di dalam teh bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke hingga 12 persen. Ini berlaku bagi mereka yang mengonsumsi tiga cangkir teh sehari. Selain itu, flavanoids juga bisa menurunkan risiko pembekuan darah di arteri, dan mengurangi tingkat LDL atau ‘kolesterol jahat’.

Yuk, mulai minum teh hitam…

Redaktur: Endah Hapsari
Sumber: health.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: